Ketua Komnas HAM Datangi Rumah Lukas Enembe, Ada apa?

Ketua Komnas HAM Datangi Rumah Lukas Enembe, Ada apa?

Gubernur Papua Lukas [email protected]_enembe-

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik terlihat mendatangi rumah Gubernur Papua Lukas Enembe di Jayapura pada hari Rabu, 28 September 2022.

Rombongan Taufan terlihat datang ke rumah Lukas sekitar pukul 15.00 WIT, kedatangannya guna untuk memeriksa kondisi kesehatan Lukas.Taufan menyatakan pihaknya tidak ikut campur dalam proses hukum.

Namun, awak media tak dapat ikut masuk ke dalam rumah itu untuk meliput langsung pertemuan Komnas HAM dengan Lukas Enembe dan kuasa hukumnya.

BACA JUGA:Tanggapi Pernyataan Febri Diansyah akan Objektif Bela Putri Candrawathi, Ini kata Mantan Pengacara Bharada E

Terlihat warga yang mendukung Lukas Enembe berjaga di luar rumah gubernur yang telah ditetapkan sebagai tersangka dugaan gratifikasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Taufan awalnya menjelaskan dirinya datang ke Papua terkait pelaksanaan program Komnas HAM, yakni Dialog Damai di Papua.

Taufan datang ke Papua untuk bertemu berbagai pihak, mulai dari tokoh adat, tokoh agama hingga berbagai pimpinan instansi keamanan di Papua.

+++++

"Kami berangkat ke Papua ini dalam rangka meneruskan dialog damai. Kemarin, bertemu dengan Jaringan Damai Papua, bertemu dengan tokoh agama, tokoh adat. Itu rutin kita lakukan, dengan Pangdam kita bertemu, dengan pihak Polda, dengan jajarannya, Kabinda dan macam-macam. Nah, dalam pertemuan-pertemuan itu tercetus juga masalah Pak Lukas Enembe ini. 'Gimana ini, Komnas HAM bisa nggak cobalah dilihat itu kondisi kesehatan Pak Lukas, dibicarakan dengan KPK, dengan Pak Mahfud'," ujar Taufan Kamis, 29 September 2022.

BACA JUGA:Pengacara Minta Putri Candrawathi Tak Ditahan, Ini Alasannya...

Taufan mengatakan pihaknya kemudian mendapat undangan dari pihak Lukas Enembe. Taufan dan tim Komnas HAM kemudian memenuhi undangan itu.

"Ada undangan melalui Kepala Perwakilan Komnas HAM untuk saya bersama tim menjenguk Pak Lukas di rumah pribadi. Kemarin saya berangkat ke sana, ketemu dengan Pak Lukas, bertemu dengan pengacaranya, Roy Rening, dengan Pak Anton dokter pribadinya, dengan Pak Yunus Wonda ini Wakil Ketua DPR Papua, kemudian ada lagi wakil-wakil keluarga, ngobrol lah di situ," ucapnya.

Taufan mengatakan, saat pertemuan itu, pengacara Lukas Enembe menelepon Direktur Penyidikan KPK, Asep Guntur Rahayu.

Dia mengatakan, dalam percakapan dengan pengacara Lukas, Asep menjelaskan KPK sudah memiliki langkah terkait penanganan kesehatan Lukas Enembe.

Sumber:

(edited)