Kehadiran Pelosi ke Taiwan Perkeruh Keadaan, China Putus Kerja Sama dengan Amerika Serikat

Kehadiran Pelosi ke Taiwan Perkeruh Keadaan, China Putus Kerja Sama dengan Amerika Serikat

Taiwan peringkatkan China soal sejarah perang-ilustrasi-

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - China menyatakan secara tegas bahwa negaranya telah memutus kerja sama dengan Amerika Serikat dalam berbagai aspek pada Jumat 5 Agustus 2022.

Ya, beberapa aspek kerja sama yang diputus China dengan AS seperti perubahan iklim, upaya anti-narkoba, dan hubungan militer.

Keputusan besar ini diambil China setelah Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS, Nancy Pelosi, berkunjung ke Taiwan pada Selasa 2 Agustus 2022.

BACA JUGA:Barcelona Berani Tebus Mahal Alexander-Arnold dari Liverpool

Sebagaimana diberitakan AFP, Kementerian Luar Negeri China menghentikan berbagai dialog dan kerja sama dengan AS, termasuk dalam melawan perubahan iklim.

+++++

Kedua negara mengatakan bakal bekerja sama untuk meningkatkan upaya menangkal perubahan iklim pada tahun lalu. Keduanya sepakat untuk bertemu secara reguler demi membahas krisis iklim.

Namun, kesepakatan ini mungkin tak bisa berlanjut imbas amarah China karena Pelosi berkunjung ke Taiwan beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:10 Saksi Sudah Diperiksa Terkait Dugaan Pelanggaran Etik Irjen Ferdy Sambo

Sebagaimana diberitakan CNN, China memutuskan membatalkan sambungan telepon dan pertemuan dengan pemimpin pertahanan AS. 

China juga membatalkan pertemuan angkatan laut kedua negara yang rencananya membahas mekanisme konsultasi maritim.

Tak hanya itu, juru bicara Kemlu China Hua Chunying menuturkan Beijing turut menangguhkan kerja sama repatriasi imigran ilegal, pun bantuan legal terkait isu kriminal dan perlawanan atas kejahatan transnasional.

 

 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber