Wajib Tau! Jalan Kaki Dapat Cegah Pikun Dikemudian Hari

Wajib Tau! Jalan Kaki Dapat Cegah Pikun Dikemudian Hari

Jalan Kaki, Image oleh Mabel Amber, who will one day from Pixabay----

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID – Jalan kaki merupakan sebuah aktivitas yang santai dan bisa membuat tubuh sehat. Terlebih lagi jika dilakukan secara rutin.


Berjalan kaki juga ternyata memiliki benefit, salah satunya dapat mencegah masalah yang disebabkan bertambahnya usia seseorang?

Ya, menurut sebuah studi, berjalan kaki secara cepat setiap harinya, dapat menurunkan risiko seseorang kena penurunan kognitif dan penyakit terkait usia lainnya.

Temuan ini diungkap ahli dalam JAMA Neurology, demian seperti dilaporkan Insider, via ANTARA.

BACA JUGA:Awas! Urine Berwarna Kemerahan, Ini Penyebabnya

Menurut studi yang dilakukan para peneliti dari University of Sidney itu, sedikitnya 3.800 langkah per hari memiliki manfaat mencegah risiko demensia atau pikun di kemudian hari.

Dalam menentukan kesimpulannya, para ahli mempelajari data 78.430 orang dewasa yang sebagian besar berkulit putih di Inggris, berusia 40-70 tahun.

Adapun data yang dipelajari para ahli adalah tentang jumlah langkah, kecepatan rata-rata, dan hasil kesehatan selama sekitar tujuh tahun masa tindak lanjut.

Mereka menemukan untuk setiap 2.000 langkah peserta per hari, rata-rata, risiko kematian dini mereka 8-11 persen lebih rendah.

BACA JUGA:Wajib Baca! Manfaat Buah Cermai Untuk Kesehatan

Tetapi, berjalan kaki 3.800 langkah sehari memiliki manfaat, khususnya untuk kesehatan otak, mengurangi risiko demensia hingga 25 persen, menurut data.

Orang yang berjalan sekitar 9.800 langkah per hari memiliki risiko demensia 50 persen lebih rendah.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Wajib Tau! Jalan Kaki Dapat Cegah Pikun Dikemudian Hari

Rabu / 21-09-2022,16:37 WIB

Jalan kaki merupakan sebuah aktivitas yang santai dan bisa membuat tubuh sehat. Terlebih lagi jika dilakukan secara rutin.

Wajib Tau! Jalan Kaki Dapat Cegah Pikun Dikemudian Hari

Manfaat Jalan Kaki Setelah Makan, Berdampak Baik Bagi Penderita Diabetes

Kamis / 11-08-2022,07:36 WIB

Dalam sebuah meta-analisis, yang baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal Sports Medicine, para peneliti melihat hasil dari tujuh penelitian yang membandingkan efek duduk versus berdiri atau berjalan pada ukuran kesehatan jantung, termasuk insulin dan kadar gula darah.

Manfaat Jalan Kaki Setelah Makan, Berdampak Baik Bagi Penderita Diabetes