Baru Tau! Ternyata Selain Ganas, Hiu Putih Punya Banyak Keistimewaan, Salah Satunya Bisa Berubah Warna Saat Berburu Mangsa

Baru Tau! Ternyata Selain Ganas, Hiu Putih Punya Banyak Keistimewaan, Salah Satunya Bisa Berubah Warna Saat Berburu Mangsa

Ilustrasi ikan hiu-Istimewa-Google


Hiu Putih, tidak hanya ganas, tapi memiliki keistimewaan lain, salah satunya bisa berubah warna saat berburu mangsanya | Ilustrasi by Pixabay

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Di balik keganasannya, ternyata banyak fakta menarik bisa dikulik tentang hiu putih.

Diketahui Hiu putih besar merupkan salah satu predator yang paling ditakuti yang ada di muka bumi ini.

Beberapa penelitian baru yang dilakukan di lepas pantai Afrika Selatan menunjukkan bahwa hiu dapat mengubah warna mereka untuk berburu mangsanya dengan lebih baik.

Dilansir dari laman NYPost, para peneliti menekankan bahwa meskipun serangan hiu terhadap manusia jarang terjadi, hal itu memang tetap berpotensi terjadi.

BACA JUGA:Catat! Fenomena Langit Akan Terjadi di Akhir Juli ini Antara Tanggal 29-31, Ada 2 Hujan Meteor Bisa Dilihat!

BACA JUGA:Ngeri! Ternyata Mengonsumsi Nasi Berlebihan Bisa Berdampak Negatif, Para Ilmuwan Beberkan Fakta Ini...

Hal ini terutama berlaku di Amerika Serikat bagian timur laut. Pantai New York dan New Jersey telah mengalami serangkaian penampakan dan serangan hiu musim panas ini, membuat pengunjung pantai gelisah.

Sejak awal musim panas yang tidak resmi selama akhir pekan Memorial Day, pejabat pantai telah menggunakan drone, helikopter, dan penutupan pantai untuk mencegah pertemuan hiu yang berpotensi mematikan setelah setidaknya lima orang menderita gigitan hiu.

Namun, ketika Anda melihat fakta bahwa ikan yang tampak seperti torpedo ini memiliki berat antara 1.500 dan 4.000 pon dan dipersenjatai dengan ratusan gigi tajam, runcing, bergerigi kasar yang dapat merobek daging dan tulang untuk menelan makanan mereka secara utuh, mereka sangat menarik.

+++++

Sebagai permulaan, hiu putih besar memiliki tujuh indera, termasuk semua indera seperti yang kita gunakan sebagai manusia: pendengaran, penciuman, penglihatan, sentuhan, dan rasa.

Akan tetapi mereka memiliki dua lainnya yang membedakan mereka dari yang lain: gurat sisi dan Lorenzini, yang menurut NOAA Fisheries ditemukan dalam 10 hingga 20 tahun terakhir.

Garis lateral adalah sel-sel sensorik yang membentang di sepanjang tubuh hiu di bawah kulitnya dan dapat mendeteksi getaran sekecil apa pun di dalam air. Ini bermanfaat saat berburu makanan atau jika ada pemangsa potensial di dekatnya.

BACA JUGA:Terjawab! Ini 3 Alasan, Kenapa Yoga di Pagi Hari Lebih Baik Bagi Kesehatan, Salah Satunya Meningkatkan Metabolisme

BACA JUGA:Penting! 5 Makanan ini Sangat Baik Dikonsumsi Penderita TBC, Bisa Bantu Percepat Proses Penyembuhan, Karena..

Menurut situs SharkTrust.org, hiu juga memiliki sistem elektro-sensorik kompleks yang dibantu oleh reseptor yang menutupi kepala dan moncong hiu yang berada di organ sensorik berisi jeli yang disebut ampula Lorenzini.

Hal tersebut dapat membantu hiu mendeteksi medan listrik samar seperti yang dihasilkan oleh Bumi atau kontraksi otot pada mangsanya.

Dipercaya juga bahwa medan geomagnetik Bumi diperkirakan membantu hiu menavigasi lautan dunia dan bermigrasi jarak jauh dengan sangat akurat, menurut SharkTrust.org.

Sumber: berbagai sumber

(edited)