Waspada! Ini Faktor Penyebab dan Pencegahan Kanker Laring yang Perlu Diketahui, Hindari Kebiasaan Merokok

Waspada! Ini Faktor Penyebab dan Pencegahan Kanker Laring yang Perlu Diketahui, Hindari Kebiasaan Merokok

Foto: Ilustrasi by Istock-stefanamer-istockphoto

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Kanker laring adalah jenis penyakit kanker pada laring atau kotak suara yang disebabkan oleh sel ganas (kanker) terbentuk di jaringan laring.

Laring adalah bagian dari sistem pernapasan, organ ini menghubungkan trakea (saluran udara) dan tenggorokan.

Gejala kanker laring yang umum dirasakan adalah perubahan suara yang tidak membaik selama lebih dari dua minggu, nyeri dan kesulitan menelan, sakit tenggorokan. 

BACA JUGA:Kenali Ciri-ciri Kanker Prostat dan Cara Mencegahnya Agar Tak Menyerang Tubuh Anda!

BACA JUGA:Awas! Penderita Kanker Kepala dan Leher Bisa Alami Gangguan Psikiatri, Apa Benar?

Penyebab dan faktor risiko kanker laring adalah kebiasaan merokok, mengonsumsi alkohol, umur diatas 55 tahun. Selain itu, pola makan yang tidak baik, paparan terhadap bahan kimia juga menjadi faktor penyebab kanker laring.

Pencegahan kanker laring yang dapat mengurangi risiko timbulnya penyakit yaitu menghindari merokok, menghentikan mengonsumi minuman beralkohol, mengonsumsi makanan bergizi dan mengandung antioksidan, hindari paparan zat kimia.

Adapun, pemeriksaan medis untuk memastikan kanker laring yaitu endoskopi yang bertujuan untuk melihat kondisi tenggorokan dengan memasukkan endoskop melalui lubang hidung atau mulut. Kemudian, prosedur selanjutnya adalah biopsi, yakni dilakukan dengan mengambil sampel jaringan dan diperiksa di bawah mikroskop.

Lalu kemudian, pemindaian dan mendiagnosis kanker laring menggunakan USG, CT scan, PET scan, atau MRI yang bertujuan untuk mengetahui ukuran kanker, dan mendeteksi penyebarannya. Hasil pemeriksaan tersebut akan menjadi acuan untuk menentukan stadium atau tingkat keparahan.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: