Gelar Acara Mendongeng Budayaku, Kemensos RI Ajak Anak Indonesia Mengenal Budaya Nusantara

Gelar Acara Mendongeng Budayaku, Kemensos RI Ajak Anak Indonesia Mengenal Budaya Nusantara


Lomba dongeng di Hari Anak Nasional 2021 gelaran Kemensos RI, keren nih!||Kemensos.go.id

TRENDINGNEWS.ID - Rangkaian acara peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2021 terus berlangsung.

Acara "Mendongeng Budayaku" mengisi rangkaian HAN 2021 untuk mengajak anak belajar bersama budaya Indonesia dengan cara yang asyik.

"Acara ini terselenggara atas arahan Menteri Sosial, Ibu Tri Rismaharini, agar anak Indonesia mengenalkan budaya Indonesia seperti dongeng, bahasa daerah, tarian daerah, makanan khas, pakaian adat hingga tempat wisata khas di beberapa daerah di Indonesia," ungkap Direktur Rehabilitasi Sosial Anak, Kanya Eka Santi saat ditemui di ruang kerjanya.

Selain itu, Acara ini juga untuk meningkatkan minat anak-anak dalam membaca dan mendengar dongeng-dongeng setiap daerah.

BACA JUGA:Terkuak! Gibran Bisa Jadi Walikota Solo dan Inspirator Milenial, Ternyata Punya 'Rahasia' ini?

Walau tidak semua budaya ditampilkan, namun dengan beberapa dongeng, bahasa daerah, tarian daerah, makanan khas, pakaian adat hingga tempat wisata khas daerah ini bisa mengenalkan kembali betapa kaya budaya Indonesia.

Acara ini menghadirkan pendongeng terkenal di Indonesia, Rona Mentari yang akrab disapa Kak Rona. Beliau menceritakan sebuah dongeng rakyat Jambi yang berjudul "Kelingking".

Dongeng yang mengisahkan seseorang bertubuh kecil namun mampu mengusir raksasa yang selalu mengganggu kampungnya dengan cara yang unik dan penuh keberanian. Dongeng ini menyita perhatian anak-anak yang hadir secara virtual.

Antusias anak-anak terlihat kala dongeng selesai diceritakan. Mereka bisa menjawab beberapa pertanyaan terkait dongeng, mulai dari daerah asal dongeng tersebut, tokoh-tokoh yang berperan dalam dongeng hingga pesan moral dari dongeng tersebut.

BACA JUGA:Soal Seruan Aksi Besar-Besaran Turun ke Jalan, Ade Armando: Mahasiswa 'Dungu' Dimanfaatkan Politisi Busuk!

Salah satu Anak, Bingen menjawab pesan moral dari dongeng tersebut. "Pesan moralnya kita tidak boleh meremehkan orang yang bertubuh kecil," jawabnya dengan semangat.

Seraya Kak Rona membenarkan jawaban Bingen dan menyempurnakannya.

"Betul sekali pesannya. Jadi apabila kita punya banyak keterbatasan, apapun itu kita tidak boleh berkecil hati, karena pasti ada kelebihan di balik keterbatasan itu," jelas Kak Rona.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: