Rusia 'Hujani' Ibu Kota Ukraina dengan Rudal, 5 Orang Tewas

Rusia 'Hujani' Ibu Kota Ukraina dengan Rudal, 5 Orang Tewas

Tentara Rusia bombardir Ibu Kota Ukraina dengan Rudal-Illustrasi-Berbagai sumber

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Rusia 'menghujani' ibu kota Ukraina Kyiv dengan puluhan rudal pada Senin, 10 Oktober 2022 waktu setempat.

Dari peristiwa itu, sedikitnya lima orang tewas dan belasan bahkan puluhan lainnya mengalami luka berat.

"Musuh telah meluncurkan serangan masif di Kyiv. Sebagian besar serangan menghantam pusat ibu kota. Saat ini, 12 orang dilaporkan terluka. Lima orang meninggal dunia," kata layanan kepolisian nasional Ukraina dalam pernyaaan di Facebook.

BACA JUGA:Pemerintah Umumkan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023

Kepala militer Ukraina, Jenderal Valeriy Zaluzhny mengatakan, pasukan Rusia telah meluncurkan setidaknya 75 rudal pada Senin pagi ini. Puluhan rudal itu menghantam Kyiv dan beberapa kota lain di selatan dan barat.

"Negara teroris, Rusia, telah meluncurkan serangan udara, rudal dan juga drone secara masif ke teritori Ukraina," kata Zaluzhny, seperti dikutip dari laman AFP. 

"Di pagi hari, pasukan penjajah telah meluncurkan 75 rudal, di mana 41 di antaranya ditembak jatuh pertahanan udara kami," sambungnya.

+++++

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky menambahkan, bahwa Rusia telah menyerang infrastruktur energi Ukraina selama dalam serangan terbaru pada Senin ini. 

Salah satu serangan disebutnya dilakukan oleh drone buatan Iran.

"Ini pagi yang sulit. Kita berhadapan dengan teroris. Ada puluhan rudal dan (drone) Shahed Iran. Mereka menyerang fasilitas energi di seluruh negeri," kata Zelensky dalam pidato video di media sosial. 

"Mereka menginginkan kepanikan dan kekacauan, mereka ingin menghancurkan sistem energi kita," imbuhnya.

BACA JUGA:MU Prioritaskan Jude Bellingham di Transfer Januari 2023

Selain itu, Zelensky juga mengatakan serangan Rusia juga terjadi di Dnipro, Vinnytsia dan Ivano-Frankivsk di Ukraina tengah, Zaporizhzhia di selatan dan wilayah Kharkiv serta Sumy di timur.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: