Tegas, Mahfud MD Minta Tiga Polisi Terlibat Pencurian Motor di Sumut Dipecat

Tegas, Mahfud MD Minta Tiga Polisi Terlibat Pencurian Motor di Sumut Dipecat

Menkopolhukam Mahfud MD --

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD memberikan tanggapan tegad terkait tiga anggota polisi di Sumatera Utara (Sumut) terlibat pencurian sepeda motor.

Tanggapan tersebut disampaikan Mahfud MD melalui akun Twitternya @mohmahfudmd, Minggu (9/10/2022).

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu meminta agar ketiga oknum polisi itu ditindak tegas.

Selain saksi pemecatan, Mahfud MD juga meminta ketiga oknum polisi itu diproses pidana sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

BACA JUGA:Giliran DPW PPP Sumut Dukung Ganjar Pranowo Jadi Capres

"Selain dipecat, ketiga polisi tersebut harus dihukum pidana secara maksimal plus pemberatan sebagai anggota penegak hukum," tulis Mahfud, dikutip dari fin.co.id.

Dikatakannya lagi, dengan menghukum pidana tiga polisi tersebut, aparat kepolisian dapat melacak jaringan pencurian motor yang ada di masyarakat, bahkan di tubuh Polri sendiri.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan pada kesempatan sebelumnya meminta tiga oknum anggota polisi di Medan, Sumatera Utara, yang merampok sepeda motor milik warga agar dipecat.

+++++



Dikutip dari fin.co.id, Edi Hasibuan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (8/10/2022), mengatakan aksi perampokan sepeda motor milik warga yang didalangi tiga oknum polisi di Medan memalukan institusi Polri.

Edi meminta Kapolda Sumatera Utara Inspektur Jenderal Polisi R.Z. Panca Putra Simanjuntak mengambil tindakan tegas dengan memecat ketiga oknum polisi itu dari anggota Polri.

"Jika terbukti, mereka tidak layak lagi menjadi anggota Polri. Kita minta Komisi Kode Etik Polri (KKEP) merekomendasikan mereka dipecat," katanya.

Ditambahkan Edi, perilaku tiga oknum anggota polisi di Medan itu telah menurunkan harkat dan martabat Polri serta merusak citra kepolisian di tengah masyarakat.

BACA JUGA:Polisi Cecar Baim Wong dan Paula Verhoeven Pertanyaan yang Berbeda Soal Konten Prank KDRT

Mereka bukan saja melanggar etik, tapi juga sudah mengarah pada pelanggaran pidana.

Sebelumnya, Kepolisian Resor Kota Besar Medan menangkap tiga oknum anggota polisi dan satu orang warga sipil karena diduga terlibat upaya perampokan sepeda motor. Sedangkan satu orang pelaku lainnya masih buron.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: