Kenalkan Seni dan Budaya di Hari Anak Nasional, Kemendikbudristek Hadirkan Tur Virtual, Yuk Join!

Kenalkan Seni dan Budaya di Hari Anak Nasional, Kemendikbudristek Hadirkan Tur Virtual, Yuk Join!


Meriahkan Hari Anak Nasional, Kemendikbudristek Gelar Virtual Tour, ikutan yuk||Kemendikbudristek

TRENDINGNEWS.ID - Demi memeriahkan Hari Anak Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar kegiatan tur virtual.

Kerjasama Kemendikbudristek melalui Galeri Nasional, Direktorat Jenderal Kebudayaan, berkolaborasi dengan theAsianparent (tAp) Indonesia, yang merupakan bagian dari situs pengasuhan (parenting) nomor 1 di Asia Tenggara.

Tur virtual khusus untuk anak ini memanfaatkan teknologi video 360° dan green screen pada Jumat 23 Juli 2021, pukul 10.00—11.30 WIB.

Acara yang dapat diakses melalui aplikasi Zoom tersebut gratis dengan mendaftar melalui tautan bit.ly/tapvtrori3.

BACA JUGA:Tanaman Binahong Diandalkan untuk Sembuhkan Beragam Penyakit, Begini Fakta dan Cara Mengolahnya

Kepala Galeri Nasional Indonesia (GNI), Pustanto mengatakan bahwa bagi GNI, tur virtual ini adalah yang pertama khusus ditujukan bagi anak-anak.

“Tentunya, materi tur virtual juga disesuaikan. Anak-anak akan diajak mengenal seni rupa dengan bahasa yang mudah dimengerti dan tentunya dikemas semenarik mungkin agar anak-anak tertarik untuk belajar,” ungkap Pustanto, Rabu 21 Juli 2021.

Selain itu, menurutnya theAsianparent Indonesia juga akan membantu Kemendikbudristek untuk mengenalkan program-program kementerian kepada masyarakat Indonesia dengan tujuan menumbuhkan semangat berkarya dan berkreativitas, khususnya bagi para pelaku budaya di Indonesia.

Selanjutnya, melalui program edukasi tersebut, masyarakat Indonesia, khususnya orangtua dan anak-anak dapat lebih mengenal kekayaan warisan budaya Indonesia sejak dini.

BACA JUGA:Catat! Inilah Ciri-Ciri Anak Yang Sembuh dan Selesai Isoman dari Covid-19

Pustanto menambahkan bahwa pada tur virtual kali ini, karena pesertanya anak-anak, maka karya yang dipilih untuk disajikan adalah karya dengan objek yang dekat dengan anak atau sering ditemui anak dalam keseharian.

Di antaranya figur ibu, kakak, adik, tanaman, hewan, pasar, kapal, bentuk-bentuk geometri, dan warna.

“Objek-objek tersebut ada dalam karya Raden Saleh “Kapal Tenggelam”, Basoeki Abdullah “Kakak dan Adik”, Affandi “Ibu”, Kartono Yudhokusumo “Anggrek”, Suromo DS “Pasar”, Popo Iskandar “Kucing”, Handrio “Komposisi”, dan karya tokoh-tokoh penting lainnya yang berkontribusi dalam perkembangan seni rupa Indonesia,” jelasnya.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: