Catat, Ini Jadwal Penghentian Siaran TV Analog di Jabodetabek

Catat, Ini Jadwal Penghentian Siaran TV Analog di Jabodetabek

Ilustrasi TV-freepik-Capture Freepik

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Menurut Kemenkominfo, siaran TV analog akan secara resmi dimatikan mulai 5 Oktober 2022.

Dengan demikian, mereka yang tidak lagi menerima siaran TV analog, akan bisa menikmati siaran TV digital mulai 5 Oktober mendatang.

Dan untuk sementara itu, baru Jabodetabek dan wilayah di sekitarnya yang akan terlebih dahulu menikmati siaran TV digital ini.

Dilansri dari FIN.ID, ia mengatakan Kementerian Kominfo mengumumkan bahwa wilayah Jabodetabek dan sekitar telah memenuhi kriteria Analog Switch Off (ASO).

BACA JUGA:Punya Asam Urat Tinggi, Baiknya Hindari Konsumsi Makanan Berikut ini

Ia melanjutkan, Maka penghentian siaran televisi analog oleh seluruh lembaga penyiaran di Jabodetabek akan dilakukan secara serempak di 5 Oktober 2022.

Ada 14 wilayah kota dan kabupaten yang terdampak ASO di Jabodetabek ialah Kota Administrasi Jakarta Pusat, Kota Administrasi Jakarta Utara, Kota Administrasi Jakarta Barat, Kota Administrasi Jakarta Selatan, Kota Administrasi Jakarta Timur, Kabupaten Kepulauan Seribu, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

Terkait distribusi bantuan perangkat Set-Top-Box (STB) di Jabodetabek, Kementerian Kominfo menyebutkan sudah sebanyak 63,4 persen atau sejumlah 479.307 perangkat yang telah diberikan kepada masyarakat.

+++++

Bantuan akan diberikan hingga mencapai 100 persen dengan harapan bisa selesai di akhir September 2022, yang mana tinggal menyisakan beberapa hari.

Adapun Jabodetabek telah memenuhi tiga kriteria ASO yaitu pertama terdapat siaran televisi analog yang akan dihentikan siarannya.

Lalu yang kedua wilayah yang tercakup siaran televisi analog sudah siap digantikan dengan siaran TV digital.

Terakhir yaitu kriteria ketiga ialah bantuan STB untuk rumah tangga miskin telah terdistribusi.

BACA JUGA:Heboh Video Reza Arap Nangis Pilu saat Konser, Pasca Rumor Panas

Sumber:

(edited)