Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bakal Tambah 70 Titik Kamera ETLE di Beberapa Wilayah di Jakarta

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bakal Tambah 70 Titik Kamera ETLE di Beberapa Wilayah di Jakarta

Ilustrasi E TLE-ntmcpolri-

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) tahap III resmi diluncurkan oleh Korps Lalulintas (Korlantas).

Peluncuran tersebut bertepatan dengan HUT Lalulintas Bhayangkara ke-67.

Dengan diluncurkannya ETLE Tahap III ini, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bakal menambah 70 titik Kamera ETLE di beberapa wilayah di Jakarta dan sekitarnya di 2023.

Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman mengatakan, penempatan kamera pengawas tersebut bakal mengawasi aktivitas lalu lintas masyarakat.

BACA JUGA:Sedang Asik Nongkrong, Pemuda ini Dibacok Orang tak Dikenal

Dilansir dari Disway.id, ia mengatakan Wilayah Jakarta Raya ini kan 1x24 jam ada aktifitas masyarakat. Jadi, kamera ETLE ini akan dipasang menyeluruh Kamis 22 September 2022.

Kombes Latif juga mengatakan, penggunaan ETLE ini sudah dilakukan di sejumlah titik dan akan terus dikembangkan.

Ia mengatakan ecara keseluruhan ketika ruas jalan telah terawasi tidak boleh ada lagi tilang manual, tetapi karena ada beberapa ruas jalan belum terpasang ETLE, itu harus pengawasan manual.

+++++

Selain itu, Kombes Latif juga menyampaikan pihaknya juga akan menggunakan ETLE mobile dalam menindak pelanggaran lalu lintas di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Adapun ETLE mobile merupakan ETLE yang bisa digunakan Polisi lalu lintas (Polantas) yang sudah terlatih sehingga bisa melakukan tilang lewat handphone.

Alumnus Akpol 1995 itu juga menambahkan, peniadaan tilang manual belum bisa direalisasikan pada tahun ini.

Dirlantas Polda Metro Jaya pun berharap penggunaan teknologi dalam menindak pelanggaran lalu lintas itu dapat mencegah penyalahgunaan wewenang oleh anggota polisi di jalan raya.

 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: