Mitra Binaan Pertamina Dapatkan Pelatihan Pemanfaatan Sampah

Mitra Binaan Pertamina Dapatkan Pelatihan Pemanfaatan Sampah

Mitra Binaan Pertamina Dapatkan Pelatihan Pemanfaatan Sampah --

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Mitra binaan Pertamina Integrated Terminal Palembang mendapatkan pelatihan pemanfaatan sampah melalui ecobrick.

Pelatihan diberikan kelompok Ecobrick Kabarti binaan Pertamina Integrated Terminal Panjang di Lapas Perempuan Kelas II A Kota Palembang dan Desa Semambu.
 
Kegiatan pelatihan pemanfaatan sampah lewat ecobrick di Lapas Perempuan Kelas II A Kota Palembang ditujukan bagi warga binaan perempuan yang juga turut dihadiri oleh Kepala Lapas Perempuan Kelas II A Kota Palembang.
BACA JUGA:Terbukti Melakukan Tindakan Tercela, Ferdy Sambo Dipecat dari Institusi Kepolisian, ini Kata Mabes Polri
Sementara di Desa Semambu, pelatihan pemanfaatan sampah lewat ecobrick ini ditujukan bagi Kelompok PKK dan Kelompok Bank Sampah yang dihadiri oleh perwakilan pemerintah desa dan kecamatan.
 
Ecobrick sendiri merupakan teknik mengolah sampah plastik menjadi sebuah benda yang bermanfaat.

Ecobricks merupakan solusi praktis dan murah untuk mengurangi limbah plastik dengan cara memasukkan sampah plastik ke botol plastik kemudian dipadatkan.
 BACA JUGA:Simak! Manfaat Dari Kacang Almond Area Manager Communication, Relation & CSR Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan mengatakan, pelatihan ini sebagai wujud transfer knowledge antar mitra binaan daerah operasional Sumbagsel.

Diharapakan lewat pelatihan ini selain mampu membantu dalam mengatasi permasalahan lingkungan,juga dapat menghasilkan keuntungan bagi para mitra binaan.
 
“Harapannya sampah yang selama ini menjadi masalah bagi kita dapat dimanfaaatkan kehadirannya, salah satunya lewat ecobrick, yang dapat mengurangi dampak buruk dari sampah itu sendiri dan meningkatkan ekonomi bagi yang memanfaatkannya,” Kata Nikho.
 BACA JUGA:152 Jasad Ditemukan Masih Utuh Setelah Dikubur Puluhan Tahun
Pada pelatihan tersebut, Nurachmad sebagai perwakilan dari Kelompok Bengkel Ecobrick menjelaskan awal mula bagaimana ecobrick digunakan sebagai media pengolahan sampah di sekitar lingkungan Kampung Baru Tiga, Kecamatan Panjang Utara, Kota Bandar Lampung.

Ecobrick kemudian dapat diolah sebagai pondasi pembuatan barang serba guna seperti meja, kursi, tong sampah,pot bunga dan barang-barang kesenian lainnya.
BACA JUGA:Viral, Lisa BLACKPINK di Lagu 'The Happiest Girl'
Pelatihan juga diisi dengan praktik pembuatan ecobrick sederhana dari sampah plastik.
 
Nurachmad menyampaikan kegiatan ini merupakan sarana untuk saling belajar dalam pengolahan sampah.

“Semoga dengan adanya pelatihan ini kedepannya kita dapat bersinergi dalam mengolah sampah plastik menjadi produk yg memiliki nilai guna dan nilai jual,” ungkap Nurachmad.
 
Pelatihan pemanfaatan sampah lewat ecobrick disambut baik oleh mitra binaan Pertamina Integrated Terminal Palembang yang hadir. Salah satunya Ketua PKK Desa Semambu,Ibu Painun.
 
“Semoga pelatihan ini memberikan manfaat bagi kita serta meningkatkan kreativitas dalam mengolah sampah khususnya bagi PKK Desa Semambu dan Kelompok Bank Sampah,” Ujar Painun.
 BACA JUGA:Polisi Tangkap 2 tersangka penambangan pasir ilegal

+++++
Sampah sejatinya memang masih menjadi salah satu permasalahan lingkungan terbesar khususnya di Indonesia. Berbagai usaha dicoba untuk memformulasikan bagaimana cara pengelolaan sampah yang efektif sehingga tidak mencemari lingkungan.
 
Pengolahan sampah lewat ecobrick merupakan salah satu formula pengolahan sampah yang harapannya selain membantu mengatasi permasalahan lingkungan, dapat menghadirkan nilai ekonomis lewat produk turunan ecobrick yang dihasilkan. 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: