Awas! Urine Berwarna Kemerahan, Ini Penyebabnya

Awas! Urine Berwarna Kemerahan, Ini Penyebabnya

Nyeri saat Kencing, Image oleh Ryan McGuire dari Pixabay----

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Saat warna urine anda berubah menjadi kemerahan. Anda perlu waspada dan menyadari apa ada yang salah dengan anda. Biasanya urine berwarna kemerahan disebabkan banyak faktor.


Seperti yang dikatakan para ahli bahwa warna urine yang kemerahan ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. 

Mereka yang minum obat antibiotik tuberkulosis atau TBC, bisa mengalami warna air kencing yang kemerahan.
Mereka yang kena infeksi saluran kemih, trauma saluran kemih hingga batu saluran kemih, juga berpotensi mengalami urine yang kemerahan. 

Di luar masalah kesehatan, warna urine yang kemerahan kata dr. Talitha Najmillah Sabtiari, bisa disebabkan oleh konsumsi buah tertentu. 

“Konsumsi makanan tertentu, seperti buah bit, blackberry, dan juga buah naga (bisa menyebabkan urine berwarna merah,” kata dr. Talitha seperti dikutip FIN dari Alodokter

Jika urine berwarna merah disebabkan oleh konsumsi buah, seperti buah naga contohnya, kondisi ini umumnya akan bertahan dalam hitungan jam. 

“Konsumsi buah naga memang dapat menyebabkan urine menjadi berwarna kemerahan atau merah muda. Hal ini disebabkan buah naga mengandung pigmen anthocyanin yang tidak berbahaya bagi tubuh”. 

“Biasanya setelah 3-6 jam mengonsumsi buah tersebut, urine seseorang dapat berubah warna menjadi merah muda, dan setelah 24 jam konsumsi buah terakhir, urine akan perlahan berubah menjadi warna sebelumnya,” jelas dr. Talitha. 

Akan tetapi pada kasus berbeda, seperti urine kemerahan disertai dengan nyeri saat buang air kecil, nyeri perut, dan warna kemerahan pada urine bertahan 24-48 jam, maka kunjungan ke ruang dokter sangat dianjurkan. 


BACA JUGA:Ibu Hamil Konsumsi Petai? Gak Masalah, Berikut Manfaatnya


Penyakit yang Bisa Dikenali dari Urine

Menyadari adanya perubahan yang tidak biasa pada tubuh, dapat menghindarkan Anda dari kondisi yang tidak diinginkan. 

Salah satunya dengan menganalisa urine yang Anda buang setiap harinya. Entah itu bau atau warnanya, perubahan yang tidak biasa adalah cara tubuh untuk memberi peringatan. 

Berikut ini ciri-ciri urine bermasalah yang perlu disadari, seperti dilansir Men’s Health: 

1.    Urine dengan warna pekat 
Air kencing Anda terlihat lebih gelap dari biasanya, itu adalah tanda dari dehidrasi. Dehidrasi juga salah satu pemicu pembentukan batu pada ginjal. 

2.    Urine bercampur darah 
Darah pada urine biasanya disebabkan oleh batu ginjal. Penyebabnya adalah saluran kencing yang tersayat oleh pinggiran batu ginjal yang bergerigi, menyebabkan inflamasi dan luka mikro. 

3.    Urine butek  
Urine yang butek diikuti rasa sakit saat buang air, selain ada bau amonia, Adalah ciri infeksi saluran kencing, segera periksa sebelum memburuk. Beser Selain diabetes, Ini merupakan ciri dari pembesaran prostat. Seringkali ditemukan pada mereka di atas 60 tahun.

 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber:

Berita Terkait