4 Efek Ini Bisa Muncul Saat Anda Kurang Tidur

4 Efek Ini Bisa Muncul Saat Anda Kurang Tidur

Efek Kurang Tidur Pada Tubuh Manusia-andrea-piacquadio-Pexels.com--

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID – Kebiasaan begadang menyebabkan mata menjadi kurang tidur dan juga akan membuat kesehatan memburuk.

Ternyata kurang tidur pun bisa memicu berbagai macam hal negative untuk tubuh manusia, di antaranya dapat menurunkan gairah seks, melemahkan sistem kekebalan tubuh, menyebabkan masalah berpikir, dan menyebabkan penambahan berat badan.

Apabila manusia tidak mempunyai waktu tidur yang cukup maka dapat meningkatkan risiko kanker, diabetes, dan lebih parahnya lagi bisa berpotensi menyebabkan kecelakaan.

 

Menghimpun informasi dari situs Heathline, berikut adalah rincian dari apa yang terjadi pada tubuh Anda ketika tidak mencatat cukup banyak waktu tidur.

Jantung akan bermasalah

Menurut analisis yang diterbitkan dalam European Heart Journal, durasi tidur pendek (kurang dari 5 jam per malam) dan durasi tidur panjang (9 jam atau lebih per malam) telah terbukti berdampak negatif pada kesehatan jantung.

... 

Secara khusus, peluang manusia terkena penyakit jantung koroner atau stroke sangat meningkat dengan kurang tidur.

 

Meningkatkan risiko kanker

Tidur yang dipersingkat dikaitkan dengan tingkat kanker payudara, kanker kolorektal, dan kanker prostat yang lebih tinggi.

BACA JUGA:Rasakan Gejala ini Pada Kaki, Waspada Kolesterol Menyerang

+++++

Pekerja shift malam mungkin menanggung beban terberat dari beban ini. Kabar baiknya adalah bahwa baik pria maupun wanita yang tidur 7 jam atau lebih per malam memiliki tingkat kematian terbaik dalam kelompok tersebut.

 

Gampang lupa

Tidak hanya tidur yang terlewat membuat Anda lebih pelupa, ada juga banyak penelitian yang menunjukkan bahwa tidur berdampak pada pembelajaran dan memori.

 

Para peneliti menyarankan bahwa tidur sangat penting untuk proses konsolidasi hal-hal yang kita pelajari di otak. Dengan kata lain, kita perlu istirahat yang cukup untuk mengunci informasi baru dan memasukkannya ke dalam memori.

 

Berat badan naik

Sebuah studi meneliti hubungan antara tidur dan berat badan pada 21.469 orang dewasa di atas usia 20 tahun.

 

 

 

 

 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: