Pentingnya Sarapan! 4 Manfaat Sarapan Bagi Tubuh

Pentingnya Sarapan! 4 Manfaat Sarapan Bagi Tubuh

Pentingnya Sarapan Bagi Kesehatan Tubuh Manusia-CordMediaStuttgart-Pixabay--

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID – Sarapan merupakan sesuatu yang penting dipagi hari sebelum kita memulai semua aktivitas namun sarapan sering kita lupakan. 

Biasanya alasan utama seseorang bisa melewatkan sesi sarapan di pagi hari karena takut telat atau tidak terbiasa makan pagi.

Padahal, sarapan itu sangat penting bagi tubuh manusia sebelum melakukan berbagai macam aktivitas yang berat loh.

Terlebih dengan makan pagi atau sarapan tubuh manusia secara otomatis dapat membantu metabolisme dan membakar kalori sepanjang harinya.

Justru apabila seseorang tidak sarapan di pagi hari, bisa menimbulkan berbagai macam kerugian.

Beberapa kerugian yang bisa didapatkan oleh manusia dari melewatkan sarapan yakni bisa menimbulkan kolesterol jahat, tingkat trigliserida yang naik, dan juga terjadi sindrom metabolik.

Melansir dari situs Halodoc, berikut 4 manfaat penting dari sarapan.

 

Meningkatkan system kekebalan tubuh

Jika kalian secara terus menerus melewatkan sarapan di pagi hari, justru bisa meningkatkan jumlah kadar kolesterol jahat yang tinggi di dalam tubuh.

Lalu bagaimana solusinya? Yakni dengan cara mengonsumsi satu porsi sereal gandum atau biji-bijian yang sudah dicampur dengan susu.

Manusia diyakini perlu mengonsumsi asupan serat yang tinggi saat sarapan karena diketahui dapat dengan sendirinya mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

Bukan hanya itu saja, ternyata asupan serat yang tinggi bisa membantu menyetarakan kadar gula darah dan mencegah resistensi insulin. Maka dari itu manusia bisa terhindar juga dari penyakit diabetes.

 

Memenuhi Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh

Seseorang yang biasa sarapan dengan sendirinya akan secara rutin punya pola makan sehat dan dapat memberikan asupan nutrisi yang cukup untuk tubuh.

Akan tetapi dengan catatan kalian jangan terlalu mengisi perut dengan makanan yang terlalu berat di pagi hari.

Ada baiknya saat sarapan mengonsumsi makanan seperti sereal gandum utuh, buah-buahan, sayuran, daging tanpa lemak, telur rebus, ayam, susu rendah lemak atau keju.

BACA JUGA:Catat! 5 Aktivitas Ini Dapat Membuat Badan Sehat Dan Ideal

+++++

 

Membantu Menurunkan Berat Badan

Sarapan justru membuat berat badan naik? Pernyataan tersebut dapat dipastikan salah karena sarapan justru membantu menjaga berat badan agar tetap ideal.
Secara logika, seseorang tidak akan lagi makan dengan porsi yang terlalu banyak apabila sudah sarapan saat pagi harinya.

Dengan begitu bisa diartikan bahwa sarapan bisa membantu memuluskan program diet seseorang.

Meningkatkan Kinerja Otak

Sarapan bisa membantu seseorang agar lebih konsentrasi sepanjang harinya karena dengan makan di pagi hari memberi asupan tambahan setelah seseorang “berpuasa” selama satu malam.

Otak akan mendapat nutrisi yang dibutuhkan saat seseorang melakukan sarapan, yakni yang bersumber dari glukosa dan glikogen.

Setelah mendapat sinyal itu, otak akan memberikan respons bahwa tubuh telah siap melakukan aktivitas hari ini.

Ruginya, apabila glukosa tak terpenuhi dengan baik maka seseorang akan sulit berkonsentrasi dan lebih cepat merasa kelelahan.

 

 

 

 

 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: