Lepas Masker di Ruang Terbuka Aman? Ini Kata Ahli

Lepas Masker di Ruang Terbuka Aman? Ini Kata Ahli

Sudah Aman Melepas Masker? Image oleh iqbal nuril anwar dari Pixabay----

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Sebagain orang usai menerima vaksin Booster Covid-19 sudah ada mulai melepas masker di ruang terbuka.

Apakah aman?

Menurut dokter spesialis pulmonologi dan pengobatan pernapasan (paru-paru), Dr dr Erlina Burhan, MSc., Sp.P.(K), hal tersebut bisa saja dimungkinkan.

Apa aman melepas masker di ruang terbuka, kata Erlina Burhan, adalah ketika cakupan atau persentase vaksinasi dosis penguat atau booster sudah tinggi.

Selain itu yang tidak kalah pentingnya, adalah faktor penularan COVID di masyarakat yang juga sudah menurun dan terkendali.
BACA JUGA:Realisasi Kredit Bank Mandiri Tumbuh Positif
"Kalau cakupan vaksinasi booster sudah tinggi dan penularan atau transmisi dari virus di masyarakat sudah menurun dan terkendali, kemungkinan untuk kita buka masker di ruang terbuka itu ada," ucap Erlina Burhan via ANTARA.

Hal tersebut disampaikannya pada webinar bertema “Pentingnya Vaksinasi Booster dalam Melindungi Masyarakat dari Akibat Serius Penyakit COVID-19 Termasuk Rawat Inap dan Kematian”.

Itu artinya, tak hanya seberapa sering orang sudah divaksin, akan tetapi juga faktor transmisi di masyarakat wajib jadi perhitungan.

"Ada kemungkinan kita akan lepas masker? Ada. Tetapi kondisinya bukan karena sering divaksin," ucap dia.

Data dari Satuan Tugas Penanganan COVID-19 per 14 September, menunjukkan cakupan vaksinasi ketiga mencapai 62.161.753 orang (atau sekitar 26,48 persen),
BACA JUGA:Taukah Anda, Manfaat Terasi Untuk Kesehatan
sementaravaksinasi keempat atau booster kedua, telah mencapai sekitar 513.741 orang dari target sasaran vaksinasi nasional sebanyak 234.666.020 orang.

Oleh karena itu, Ketua Komnas KIPI Prof Dr dr Hinky Hindra Irawan Satari, SpA(K), M. Trop.Paed, tetap menyarankan orang-orang untuk tetap mengenakan masker.

Dia mengingatkan, masker dapat membantu mengurangi risiko penularan atau transmisi infeksi dan memakai benda ini termasuk kebiasaan baik yang masih harus dipertahankan.

"Virus masuknya utamanya dari lubang hidung bukan dari yang lain. Jadi yang harus kita lindungi itu lubang hidung. Yang bawa virusnya siapa? Orang. Jadi, gimana supaya yang bawa virus tidak menularkan kepada kita? Tutup hidung kita dengan memakai masker," demikian kata Hinky.

BACA JUGA:Yuk Datang! 4 Kedai Kopi Kekinian Di Jakarta Ini Sangat Rekomendasi Untuk Anda Yang Mau Nongkrong

 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: