Ternyata Simpel! Yuk Turunkan Berat Badan Dengan 4 Kebiasaan Pagi Ini

Ternyata Simpel! Yuk Turunkan Berat Badan Dengan 4 Kebiasaan Pagi Ini

ilustrasi olehraga---Pexels--

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID – Berat badan berlebih menjadi salah satu faktor yang membuat tubuh manusia tidak nyaman dan dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Mesipun bukan hal yang mudah, menurunkan berat badan bukanlah hal yang mustahil.

Menurunkan beberapa kilogram berat badan tidak harus melibatkan perombakan total terhadap pola makan dan gaya hidup Anda saat ini.

Faktanya, membuat beberapa perubahan kecil pada rutinitas pagi anda dapat membantu anda menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

Dilansir dari laman Heathline, berikut 4 kebiasaan pagi yang bisa Anda lakukan untuk membantu menurunkan berat badan.

Makan Sarapan Tinggi Protein

Ada alasan bagus mengapa sarapan dianggap sebagai makanan terpenting hari itu, karena apa yang Anda makan saat sarapan dapat mengatur jalannya sepanjang hari Anda.

Ini menentukan apakah Anda akan merasa kenyang dan puas sampai makan siang, atau apakah Anda akan menuju ke mesin penjual otomatis sebelum camilan pertengahan pagi Anda.

Makan sarapan berprotein tinggi dapat membantu mengurangi keinginan mengidam dan membantu penurunan berat badan. Dalam satu penelitian pada 20 gadis remaja, makan sarapan berprotein tinggi mengurangi keinginan mengidam setelah makan lebih efektif daripada sarapan berprotein normal.

 

Studi kecil lainnya menunjukkan bahwa makan sarapan berprotein tinggi dikaitkan dengan lebih sedikit lemak dan mengurangi asupan harian dan rasa lapar, dibandingkan dengan sarapan protein normal.

Protein juga dapat membantu penurunan berat badan dengan menurunkan kadar ghrelin, "hormon lapar" yang bertanggung jawab untuk meningkatkan nafsu makan.

Faktanya, satu penelitian pada 15 pria menemukan bahwa sarapan berprotein tinggi menekan sekresi ghrelin lebih efektif daripada sarapan berkarbohidrat tinggi.

Untuk membantu memulai hari Anda dengan baik, pertimbangkan sumber protein seperti telur, yogurt Yunani, keju cottage, kacang-kacangan, dan biji chia.

BACA JUGA:5 Tips Hilangkan Jerawat di Wajah, Buruan Dicoba!

+++++

Minum banyak air

Memulai pagi Anda dengan satu atau dua gelas air adalah cara mudah untuk meningkatkan penurunan berat badan.

Air dapat membantu meningkatkan pengeluaran energi Anda, atau jumlah kalori yang dibakar tubuh Anda, setidaknya selama 60 menit.

Dalam satu penelitian kecil, minum 16,9 ons cairan (500 ml) air menyebabkan peningkatan rata-rata 30% dalam tingkat metabolisme. Studi lain menemukan bahwa wanita kelebihan berat badan yang meningkatkan asupan air mereka menjadi lebih dari 34 ons (satu liter) per hari kehilangan tambahan 4,4 pon (2 kg) selama satu tahun, tanpa membuat perubahan lain dalam diet atau olahraga rutin mereka. Terlebih lagi, air minum dapat mengurangi nafsu makan dan asupan makanan pada beberapa individu.

Satu studi pada 24 orang dewasa yang lebih tua menunjukkan bahwa minum 16,9 ons cairan (500 ml) air mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi saat sarapan sebesar 13 persen.

Faktanya, sebagian besar penelitian tentang topik ini telah menunjukkan bahwa minum 34–68 ons (1–2 liter) air per hari dapat membantu menurunkan berat badan.

Memulai pagi Anda dengan air dan tetap terhidrasi dengan baik sepanjang hari adalah cara yang bagus untuk meningkatkan penurunan berat badan dengan sedikit usaha.

Timbang Berat Tubuh Anda

Menaikkan timbangan dan menimbang diri setiap pagi dapat menjadi metode yang efektif untuk meningkatkan motivasi dan meningkatkan pengendalian diri.

Beberapa penelitian telah mengaitkan menimbang diri sendiri setiap hari dengan penurunan berat badan yang lebih besar.

Misalnya, sebuah penelitian pada 47 orang menemukan bahwa mereka yang menimbang berat badannya setiap hari kehilangan sekitar 13 pon (6 kg) lebih banyak selama enam bulan daripada mereka yang menimbang diri lebih jarang.

Studi lain melaporkan bahwa orang dewasa yang menimbang diri mereka setiap hari kehilangan rata-rata 9,7 pon (4,4 kg) selama periode dua tahun, sementara mereka yang menimbang diri mereka sendiri sebulan sekali naik 4,6 pon (2,1 kg).

Menimbang diri sendiri setiap pagi juga dapat membantu menumbuhkan kebiasaan dan perilaku sehat yang dapat mendorong penurunan berat badan.

Dalam satu penelitian besar, penimbangan berat badan yang sering dikaitkan dengan peningkatan pengendalian diri. Selain itu, mereka yang sering berhenti menimbang diri sendiri lebih mungkin melaporkan peningkatan asupan kalori dan penurunan disiplin diri.

BACA JUGA:Doa Memohon Kesembuhan dari Segala Penyakit

+++++

Paparan Sinar Matahari

Membuka tirai untuk membiarkan sinar matahari masuk atau menghabiskan beberapa menit ekstra di luar setiap pagi dapat membantu memulai penurunan berat badan Anda.

Satu penelitian kecil menemukan bahwa paparan cahaya tingkat sedang pada waktu-waktu tertentu dalam sehari dapat mempengaruhi berat badan.

Selain itu, sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa paparan radiasi ultraviolet membantu menekan penambahan berat badan pada tikus yang diberi diet tinggi lemak.

Paparan sinar matahari juga merupakan cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan vitamin D Anda. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa memenuhi kebutuhan vitamin D Anda dapat membantu menurunkan berat badan dan bahkan mencegah penambahan berat badan.

Dalam sebuah penelitian, 218 wanita yang kelebihan berat badan dan obesitas mengonsumsi suplemen vitamin D atau plasebo selama satu tahun. Di akhir penelitian, mereka yang memenuhi kebutuhan vitamin D mereka kehilangan rata-rata 7 pon (3,2 kg) lebih banyak daripada mereka yang kadar vitamin D darahnya tidak memadai.

Studi lain mengikuti 4.659 wanita yang lebih tua selama empat tahun dan menemukan bahwa kadar vitamin D yang lebih tinggi dikaitkan dengan penambahan berat badan yang lebih sedikit.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: