Presiden Jokowi Kirim Ucapan Selamat ke Perdana Menteri Inggris yang Baru: Mari Kita Bekerjasama...

Presiden Jokowi Kirim Ucapan Selamat ke Perdana Menteri Inggris yang Baru: Mari Kita Bekerjasama...

Jokowi ucapkan selamat ke perdana menteri Inggris yang baru-Sekretatiat Presiden-Youtube Channel

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Inggris kini mempunyai perdana menteri yang baru bernama Liz Truss yang merupakan seorang politikus Britania Raya dari pemimpin Partai Konservatif.

Liz Truss menjabat sebagai Perdana Menteri Britania Raya sejak 6 September 2022. hal tersebut sudah disahkan oleh negara Inggris.

Liz Truss menjadi Perdana Menteri Inggris untuk jadi pengganti Boris Johnson.

BACA JUGA:Tolak Kenaikan BBM, Mahasiswa Robohkan Gerbang Dewan Hingga Saling Dorong

Sebelumnya, pemungutan suara untuk mencari Perdana Menteri Inggris baru telah dilakukan dengan mengirimkan surat suara kepada anggota partai Konservatif. Kandidat pengganti Boris Johnson itu ada Liz Truss dan Rishi Sunak.

Liz Trus akhirnya memenangkan pemungutan suara daripada Rishi Sunak. Liz Truss keluar sebagai pemenang menjadi Perdana Menteri Inggris yang baru dengan mengantongi 81.326 suara. Sementara, Rishi Sunak harus kalah dengan 60.399 suara.

Dengan terpilihnya Liz Truss sebagai Perdana menteri baru Inggris, Boris Johnson rencananya akan melakukan perjalanan ke Skotlandia untuk bertemu Ratu Elizabeth untuk secara resmi mengajukan pengunduran dirinya. Liz Truss juga akan menemui Ratu Elizabeth untuk menyampaikan pembentukan pemerintahannya.

+++++

Liz Truss pernah memerankan Margaret Thatcher dalam sandiwara pemilu di sekolahnya. Namun tidak seperti sang perdana menteri, yang memenangkan suara mayoritas pada tahun 1983, ia kalah dalam pemilihan tersebut.

BACA JUGA:Tolak Kenaikan BBM, Mahasiswa Demo di Gedung Dewan

Dari hasil pemungutan suara tersebut, Presiden RI Joko Widodo Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengucapkan selamat kepada Liz Truss yang kini menjadi perdana menteri baru Inggris.

Dalam cuitannya di Twitter, Jokowi menyampaikan pesan kepada PM Inggris terpilih, Liz truss, termasuk menyinggung stabilitas di Indo-Pasifik.

"Selamat kepada PM baru Inggris @trussliz (akun pribadi Twitter Truss)," tulis Jokowi dalam akun Twitter-nya pada hari Rabu, 7 September 2022.

Joko Widodo juga berpesan "Mari bekerja sama untuk memperkuat kemitraan strategis antara Indonesia dan Inggris, pun perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di Indo-Pasifik." Ucap Jokowi melalui akun pribadi Twitternya.

Sumber:

(edited)