Waspada! WHO Resmi Deklarasikan Cacar Monyet Darurat Kesehatan Global

Waspada! WHO Resmi Deklarasikan Cacar Monyet Darurat Kesehatan Global

Cacar Monyet/ilustrasi-ilustrasi-


Cacar Monyet/ilustrasi|ilustrasi|

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) resmi mendeklarasikan cacar monyet sebagai darurat kesehatan global usai tersebar di 75 negara.

"Saya telah memutuskan bahwa wabah cacar monyet merepresentasikan darurat kesehatan publik yang menjadi perhatian internasional," kata Sekretaris Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus dikutip AFP, Minggu 24 Juli 2022.

Ghebreyesus mencatat, lebih dari 16 ribu kasus cacar monyet sudah dilaporkan oleh 75 negara. Sejauh ini, terdapat lima kematian akibat infeksi tersebut.

Pernyataan itu mencuat saat rapat kedua komite darurat WHO menyoal cacar monyet. 

BACA JUGA:Dapat Restu Jokowi, Film hingga Konten Youtube Bisa Jadi Jaminan Utang, Seperti Apa Penilaiannya?

Meski demikian, Ghebreyesus mengaku komite darurat belum bisa mencapai konsensus apakah cacar monyet seharusnya tergolong dalam darurat kesehatan global atau tidak.

+++++

Terlepas dari itu, Ghebreyesus juga mengatakan wabah ini sudah menjalar ke seluruh dunia dengan cepat dan butuh perhatian internasional.

Namun, hanya sedikit yang diketahui soal mode transmisi baru.

"Penilaian WHO yakni bahwa risiko cacar monyet berkembang secara global dan di semua wilayah, kecuali di kawasan Eropa, di mana kami menilai risikonya tinggi," ungkap Ghebreyesus lagi.

BACA JUGA:Wilayah Pendaftaran Kendaraan di MyPertamina Bakal Diperluas hingga 50 Kota/Kabupaten

Lebih lanjut, ia menerangkan deklarasi darurat ini akan membantu mempercepat pembuatan vaksin dan penerapan langkah-langkah guna membatasi penyebaran virus.

WHO juga merilis rekomendasi yang diharapkan bisa mendorong banyak negara mengambil tindakan. Tindakan itu di antaranya untuk menghentikan penularan virus dan melindungi mereka yang paling rentan terinfeksi.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber