Kenali Penyakit Menular Cacar Monyet, Berikut Gejala dan Cara Mencegah Penyakit Ini

Kenali Penyakit Menular Cacar Monyet, Berikut Gejala dan Cara Mencegah Penyakit Ini

Cacar Monyet : Berikut Gejala dan cara Mencegah Penyakit Ini--


Cacar Monyet : Berikut Gejala dan cara Mencegah Penyakit Ini||

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Banten, meminta seluruh warga agar mewaspadai penyakit cacar monyet (monkeyfox) yang mulai terjadi di sejumlah negara. untuk diketahui, penyakit tersebut muncul dengan beberapa gejala, salah satunya demam.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinkes Kabupaten Tangerang, dr Suminar Sihaloho, Minggu (29/5) kemarin mengatakan jika perilaku hidup bersih dan seahat (PHBS) menjadi langkah untulk mencegah penyakit tersebut.

"kami juga sudah membuat surat edaran (SE) ke seluruh faskes di wilayah kerja kita untuk waspada dan melakukan edukasi kepada masyarakat terkait PHBS dalam antisipasi cacar monyet ini," Kata Sumihar di beberapa negara Eropa.

Pihaknya pun telah menginstruksikan kepada seluruh kepala puskesmas, rumah sakit serta laboratorium untuk melakukanj sosialisasi dan mendeteksi sedini mungkin adanya penyakit cacar monyet.

BACA JUGA:Perlu Tahu! Diasingkan di Ende, Presiden Soekarno pun Melahirkan Sejarah Kesaktian Pancasila

"Yang utamanya dalam pencegahan penyakit cacar monyet ini tidak lain adalah dengan tetap menjaga pola hidup sehat," katanya.

+++++

Beberapa ciri yang terdeteksi, kata Sumihar, seperti mengalami deman tinggi, nyeri kepala, nyeri otot hingga munculnya pembengkakan di beberapa area kelenjar getah bening di tubuh.

"Setelah itu, baru muncul seperti bintik-bintik atau cacar air di bagian tubuh, dan bila terjadi interaksi langsung dengan cara bersalaman atau bersentuhan bersama prang yang sudah terpapar penyakit itu maka terjadilah penularan." jelasnya

Dalam mengantisipasi penularan penyakit yang turut dibawa oleh hewan pengerat seperti tikus ini, maka Dinkes Kabupaten Tangerang bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan di sana untuk mengawasi kesehatan hewan dari jenis tersebut.

BACA JUGA:Jadwal MotoGP Catalunya 2022, Catat Waktu dan Tanggalnya

BACA JUGA:Boleh Percaya Boleh Tidak, Ahli Tarot Sebut Eril Sudah Kembali ke Alam Semesta dengan Bahagia

"Jadi kami akan mewaspadai terhadap tempat-tempat hidupnya hewan kera supaya jangan sampai nanti terjadi penemuan kasus penyakit cacar monyet." ujarnya.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: