Sirkuit Mandalika Aman, Sudah Disiapkan 360 Marshall dari Brimob dan Basarnas

Sirkuit Mandalika Aman, Sudah Disiapkan 360 Marshall dari Brimob dan Basarnas

Ilustrasi: Marshall MotoGP 2022 -RCTI Plus-


Ilustrasi: Marshall MotoGP 2022 |RCTI Plus|

MANDALIKA, POSTINGNEWS.ID - Sebanyak lebih dari 360 marshall siap memastikan gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia yang digelar di Mandalika International Street Circuit berlangsung aman.

Pimpinan marshall dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat, Subehan, mengatakan bahwa penambahan pos dan jumlah personel marshall masih dilakukan hingga hari ini.

Sempat menjadi sorotan saat Kejuaraan Dunia Superbike WSBK pada November lalu, Subehan memastikan Marshall yang bertugas di MotoGP Mandalika juga 90 persen adalah pekerja lokal dari Nusa Tenggara Barat.

BACA JUGA:Setelah Nonton Balapan, Presiden Jokowi Meluncur ke Bali, Ngapain?

"Perkiraan 360-370 marshal mungkin hari ini sudah final. Yang bertugas sebagai marshall itu rata-rata dari NTB 90 persen," ujar Subehan ditemui di kantor koordinator marshall di area sirkuit, Sabtu, 19 Maret 2022.

Sebagai gambaran untuk perbandingan, jika saat WSBK hampir menggunakan 35 orang dari Sepang, Subehan menyebut MotoGP kali ini hanya 11 orang dari Sepang.

Hal itu, menurut dia, juga sebagai langkah untuk mengedukasi mereka yang bergabung dalam IMI.

BACA JUGA:Grafiti Gardu House di Mandalika Bikin Mata Terbelalak, Kreatif!

Keterlibatan IMI tersebut yaitu mengirimkan 30 personel dari untuk marshall dan urusan track, bahkan beberapa di antaranya menduduki peran sebagai deputi Clerk of The Course (COC).

Petugas Marshall juga sebagian berasal dari anggota Brimob dan Basarnas. Sebab mereka telah memiliki salah satu kualifikasi, yaitu mengerti pemakaian radio.

Khususnya, para anggota Basarnas telah memiliki kemampuan untuk memadamkan kebakaran.

+++++

Marshal terbagi dua, yaitu track marshall dan flag marshall. Track marshall akan membantu pebalap jika mengalami kecelakaan atau terjatuh dalam track.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: pt pertamina