Viral Imam Tarawih Live TikTok Ada yang Nyawer, MUI: Bisa Hilang Pahalanya!

Viral Imam Tarawih Live TikTok Ada yang Nyawer, MUI: Bisa Hilang Pahalanya!

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Viral adanya video imam yang melakukan live TikTok di HP-nya saat sedang menjalankan ibadah sholat tarawih.

Tindakan itu menuai pro dan kontra di kalangan netizen, ada yang menganggapnya bukan masalah tapi ada juga yang menilai seharusnya tidak perlu dilakukan.

Menurut Ketua Komisi Fatwa MUI, KH Asrorun Niam Sholeh menyebut bahwa pada prinsipnya sholat itu merupakan ibadah mahdlah.

BACA JUGA:Viral Bocah Kecil Merengek Minta Ikut Sholat Tarawih: 'Adek Kan Kristen'

Artinya, sholat adalah kewajiban keagamaan yang bersifat dogma, sebagai gambaran dari kepatuhan hambanya kepada Allah SWT.

Niam sebenarnya tidak mempermasalahkan imam tarawih yang melakukan live di TikTok.

Asalkan, sang imam bisa melaksanakan sholatnya untuk tetap memenuhi syarat dan rukun yang sudah ditetapkan oleh Islam.

Akan tetapi Niam juga menegaskan bahwa kegiatan live TikTok itu harus dilihat lagi bagaimana kondisi dan motivasinya melakukan salat live via Tiktok itu.

BACA JUGA:Catat! Doa Setelah Sholat Tarawih, Lengkap Arab, Latin, dan Artinya

"Kalau motivasinya untuk memberikan inspirasi bagi orang lain untuk salat, bagus. Tapi kalau motivasinya untuk pamer, bisa hilang pahalanya," kata Niam.

Lebih lanjut Niam mengimbau, ada baiknya saat live TikTok atau media sosial lainnya tidak perlu meminta saweran kepada orang-orang yang menonton.

"Ya jangan (minta saweran), sholat itu merupakan kewajiban setiap individu muslim. Sifatnya personal, hubungan antara hamba dengan Allah SWT," tegasnya.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: