Muslim Irlandia Naik Drastis dalam Kurun Satu Tahun Terakhir, Nama Muhammad Terpopuler!

Muslim Irlandia Naik Drastis dalam Kurun Satu Tahun Terakhir, Nama Muhammad Terpopuler!

Muslim di Irlandia naik drastis dalam kurun waktu satu tahun.-Foto: Istimewa-

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Seorang imam masjid di Kota Galway, Irlandia, bernama Ibrahim Noonan mengaku kaget mengetahui fakta masyarakat Muslim di negaranya meningkat drastis. Hal itu dibuktikan dari banyaknya kaum laki-laki yang menggunakan nama Muhammad.

Secara pesat, Muhammad pun menjadi nama terpopuler di kotanya.

Ibrahim mengatakan, nama Muhammad menjadi populer dipakai anak laki-laki di Kota Galway sejak tahun lalu. Menurutnya, secara historis, Irlandia memiliki populasi Muslim yang kecil.

BACA JUGA:Umat Muslim Merapat, Baca Rentetan Doa Ini Mulai Saat Kamu Bangun di Pagi Hari Yuk

Namun, hal itu mulai berubah dalam beberapa tahun terakhir. Populasi Muslim di Irlandia terus meningkat.

Ibrahim tak menyangka banyak orang yang kemudian menggunakan nama Muhammad untuk anak-anaknya di Galway. Biasanya nama-nama populer untuk anak di Irlandia adalah seperti Finn atau Aengus atau Sean.

"Saya terkejut dan ada senyum di wajah saya ketika saya mengetahui bahwa Muhammad adalah nama yang paling populer," ungkap Ibrahim, dilansir News Talk pada Rabu, 1 Maret 2022.

Pada 1991, hanya ada 3.875 Muslim yang tinggal di Irlandia, tetapi pada tahun 2016 jumlahnya meningkat menjadi 63.443. Sensus 2022 diharapkan mencatat populasi yang lebih besar. Ibrahim mengatakan pertumbuhan Muslim di Kota Galway pun sangat kuat.

BACA JUGA:Mantan Petinggi Khilafatul Muslimin Didakwa Pasal Berlapis

“Saya biasa berkomentar tentang hal itu kepada teman-teman saya, bahwa tampaknya setiap orang ketiga adalah seorang Muslim laki-laki atau perempuan. Jelas ada tanda-tanda peningkatan besar orang Muslim yang tinggal di Irlandia terutama di kota Galway itu sendiri," katanya.

Umat ​​Islam diperintahkan untuk melaksanakan sholat lima waktu sehari. Meski begitu menurutnya kehadiran jamaah ke masjid di Galway bervariasi.

“Semua orang ingin melihat masjid penuh sesak setiap hari, lima kali sehari, tapi itu tidak selalu terjadi. Pastinya di hari Jumat kami kewalahan dan terkadang masjid penuh. Tidak dengan anggota komunitas kami sendiri tapi akan ada Muslim lain dari daerah lain yang akan datang dari berbagai daerah.”

Pertumbuhan populasi Muslim lokal terutama didorong oleh imigrasi, dengan sejumlah besar Muslim dari luar negeri datang untuk belajar atau bekerja di layanan kesehatan.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: