Sebelum Olahraga Jangan Lupa Pemanasan, Begini Caranya Agar Terhindar dari Kram Otot!

Sebelum Olahraga Jangan Lupa Pemanasan, Begini Caranya Agar Terhindar dari Kram Otot!

Cara Terhindar dari Kram Otot saat berolahraga---thehealty

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Pemanasan sebelum olahraga adalah salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan agar tubuh tidak mengalami kram atau cedera selama olahraga.

Berikut beberapa tips pemanasan yang dapat dilakukan sebelum olahraga:

1. Berjalan atau berlari pelan-pelan selama 5-10 menit untuk meningkatkan suhu tubuh dan mempersiapkan otot-otot.

BACA JUGA:Alami Badan Sakit Setelah Olahraga? Ini 5 Cara Ampuh Atasi Nyeri Otot yang Mudah Untuk Dilakukan

2. Lakukan gerakan peregangan atau stretching selama 5-10 menit. Fokus pada bagian tubuh yang akan dipakai selama olahraga.

3. Lakukan gerakan ringan seperti skipping atau jumping jack selama beberapa menit untuk meningkatkan denyut jantung dan membantu melancarkan sirkulasi darah.

4. Lakukan gerakan mobilisasi sendi atau joint mobility exercise untuk membantu mengurangi kaku pada sendi dan mempersiapkan tubuh untuk gerakan yang lebih intens.

5. Lakukan gerakan kardio seperti bersepeda atau berenang selama beberapa menit untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mempersiapkan tubuh untuk olahraga yang lebih intens.

BACA JUGA:Gisel Diisukan Putus dengan Rino Usai Kepergok Nonton Bareng Wijin, Olahraga Sendiri-sendiri Nih?

Pastikan untuk melakukan pemanasan secara perlahan dan tidak terburu-buru, dan fokus pada bagian tubuh yang akan dipakai selama olahraga.

Jangan lupa untuk memperhatikan batas kemampuan tubuh, dan jangan memaksa diri melakukan gerakan yang terlalu berat atau tidak nyaman.

Setelah selesai melakukan olahraga, sebaiknya dilakukan pendinginan atau cooling down dengan melakukan gerakan peregangan atau stretching ringan untuk membantu tubuh pulih kembali setelah aktivitas olahraga.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: