Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Margarin, Mentega, Butter, dan Roombutter yang Kegunaannya Berbeda-beda!

Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Margarin, Mentega, Butter, dan Roombutter yang Kegunaannya Berbeda-beda!

ilustrasi - perbedaan margarin dan mentega-Mizina-istockphoto

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Mungkin diantara kalian, masih banyak yang sulit membedakan antara mentega, margarin, butter, maupun roombutter.

Sebenarnya istilah lain butter adalah mentega, begitu juga dengan istilah roombutter, yang membedakan hanyalah kualitas dari bahannya saja.

Produk tersebut sangatlah berbeda untuk kegunaannya. Lantas, apa saja perbedaan dari bahan tersebut? Simak penjelasan dibawah ini.

BACA JUGA:4 Jenis Makanan atau Minuman yang Bisa Bikin Cepat Ngantuk Saat Dikonsumsi

BACA JUGA:5 Jenis Makanan yang Aman Dikonsumsi saat Malam Hari Tiba, Anti Lemak Jahat!

1. Margarin

Margarin merupakan produk non susu yang terbuat dari lemak nabati, biasanya kelapa sawit. Margarin memiliki kandungan lemak tak jenuh dan lebih rendah kolesterol.

Dari segi tekstur, margarin lebih keras dari mentega. Penggunaan margarin yaitu untuk membuat berbagai macam kue basah seperti sponge cake, bolu, roti, puding, roti tawar dan masih banyak lainnya.

2. Mentega atau butter

Mentega juga disebut margarin, kandungannya mentega hampir 80 persennya adalah lemak yang berasal dari krim susu atau lemak hewani. Aroma butter lebih harus dibanding margarin karena terbuat dari susu.

BACA JUGA:Begini Cara Masak Pisang Goreng Karamel yang Enak Banget Buat Sarapan!

Penggunaan butter atau mentega yaitu untuk berbagai olahan kue kering seperti nastar, kastengel, putri salju, dan berbagai kreasi kue lebaran agar tekstur yang dihasilkan menjadi lembut dan tidak mudah rapuh. Disamping itu, mentega memiliki kadar lemak jenuh dan lemak trans yang lebih tinggi sehingga dapat menyebabkan kolesterol yang lebih tinggi.

3. Roombutter

Roombutter merupakan bahasa belanda yang artinya mentega. Namun yang membedakan dengan mentega atau butter yakni kualitasnya dengan bahan yang lebih mahal, sehingga teksturnya lebih lembut dan aromanya lebih manis.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: